Sabtu, 16 April 2016

Seni dan Kerajinan Indonesia

Salah satu dari banyak kesenangan hidup di Indonesia adalah memiliki kesempatan untuk mempelajari dan mengumpulkan Seni dan kerajinan Masker Bali Indonesia. keragaman jelas dalam 300 kelompok etnis ditambah Indonesia tercermin dalam keragaman bentuk seni. Sama seperti setiap kelompok etnis di seluruh nusantara memiliki bahasa sendiri / dialek, masakan, pakaian tradisional dan rumah-rumah tradisional dan mereka juga telah mengembangkan mereka tekstil sendiri, ornamen, ukiran dan item untuk penggunaan sehari-hari dan perayaan khusus. Warisan budaya yang kaya seni dan kerajinan adalah salah satu kekayaan nasional Indonesia benar.
bentuk seni Indonesia dapat mencakup desain ditelusuri kembali ke kepercayaan animisme awal, pemujaan leluhur, Hindu atau Budha dipengaruhi motif yang dibawa oleh para pedagang India, simbol-simbol Cina atau Islam dan keyakinan. pengaruh asing pada bentuk-bentuk seni Indonesia dibawa oleh abad paparan budaya lain melalui perdagangan. Imigran dari Cina, India, dunia Arab dan kemudian Eropa melakukan perjalanan ke kepulauan untuk mencari rempah-rempah yang unik tumbuh di Indonesia. pedagang ini menetap dan membawa bersama mereka tradisi artistik kaya yang mempengaruhi perkembangan seni lokal.
Pembuatan BatikToday kita dapat melihat bentuk-bentuk seni sangat berkembang di mana pun pengrajin ini memiliki pelanggan di abad yang lalu. Salah satu tempat di mana ini mungkin paling jelas adalah di Yogyakarta di mana keluarga Sultan telah mendukung batik, perak, wayang dan pengrajin lain selama beberapa generasi. Dengan patronase ini bentuk seni berkembang, menghasilkan beragam bentuk seni hari ini.
Tradisi artistik kaya Bali, di mana secara tradisional setiap orang harus mengembangkan keterampilan dalam bentuk seni tertentu - baik itu tari, musik, atau seni visual telah menyebabkan terciptanya komunitas seni hidup. seniman asing telah ditarik ke Bali selama berabad-abad karena sinergi budaya yang unik ini.
Kerajinan juga dikembangkan dari penggunaan setiap item hari rumah tangga yang dihiasi dan digunakan untuk keperluan upacara. Menyaksikan berbagai macam kegunaan dari alam hutan, serat, bambu, rotan dan rumput. pewarna alami dan bahan kimia, manik-manik dan ornamen alam lainnya digunakan untuk menghias barang-barang ini, banyak yang telah berkembang dari waktu ke waktu menjadi bentuk seni khas.
Banyak ekspatriat memanfaatkan kesempatan hidup di Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya, atau untuk memulai Wayang Kulit Puppeteercollection benda seni atau kerajinan tangan yang mereka nikmati. Kami pergi melalui hari-hari awal eksplorasi, melalui sensasi penemuan dan belajar, untuk memburu barang-barang tertentu yang Anda inginkan dan memperoleh temuan yang benar.
Sering ekspatriat dapat memperoleh hal-hal di Indonesia bahwa mereka tidak akan mampu membayar di rumah di mana bea masuk dan eceran mark-up membuat harga meroket. Selain itu, pembelian berbagai kerajinan sering dikaitkan dengan kenangan khusus ... kenangan indah liburan, tukang dan bersenang-senang mencari potongan yang tepat.
Dengan nilai tukar rupiah sehingga menguntungkan terhadap sebagian besar mata uang asing - penawaran besar yang dapat ditemukan di Indonesia! Kunjungi baik Sarinah Jaya atau Pasaraya di Jakarta untuk pengenalan yang baik untuk kerajinan Indonesia, meskipun tidak mengharapkan untuk menemukan barang-barang antik benar ada. Kemudian Anda akan tahu lebih baik apa yang Anda mungkin ingin membeli di perjalanan Anda melalui nusantara.
Kayu PuppetsIf Anda mengembangkan cinta untuk item tertentu, mencari orang lain yang berbagi hobi baru Anda / mengumpulkan dan belajar sejarah dari item bersama-sama. Ekspatriat yang jatuh cinta dengan bentuk seni tertentu mungkin bahkan merencanakan perjalanan mereka melalui kepulauan di sekitar minat khusus mereka, melacak dan melihat pembuatan item di tempat-tempat asal mereka.
Salah satu organisasi yang paling populer di Jakarta bagi mereka yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang budaya Indonesia adalah Indonesian Heritage Society. Amatir menjadi ahli melalui penelitian menggunakan perpustakaan luas dan partisipasi dalam kelompok belajar. kelompok belajar dibentuk tergantung pada kepentingan anggota dan dalam beberapa tahun terakhir telah disertakan: tekstil, keramik, wayang, batik dan lain-lain.
Museum di Jakarta dan di kota-kota besar lainnya menampilkan artefak yang tak ternilai dari sejarah hidup di Indonesia. Bergabung tur di Museum Nasional, mengunjungi Tekstil atau Keris museum dan Anda akan segera menemukan warisan budaya yang kaya seni rupa Indonesia. Sementara di Museum Nasional, mengambil salinan dari Museum Nasional Guidebook, yang diterbitkan oleh Indonesian Heritage Society untuk pengenalan yang sangat baik untuk koleksi.
spesialisasi provinsi
Beberapa bulan setelah memulai eksplorasi Anda dari berbagai bentuk seni Indonesia, provinsi tertentu akan segera mengambil karakter semua sendiri melalui bentuk seni Anda asosiasi dengan mereka ... batik Jawa, ukiran Bali, Kalimantan bayi bak, mutiara Maluku, Bugis sutra mereka sarung, tembikar Lombok, Dayak senjata pukulan, ikat Sumba dan banyak lagi. perjalanan Anda di seluruh Indonesia akan diperkaya oleh ekspos terhadap perkembangan bentuk-bentuk seni yang berbeda di setiap provinsi.
Simbolisme
bentuk seni Indonesia kaya akan simbolisme. Mitos naga atau dragon; liontin mamuli - simbol kesuburan dari Sumba, pohon kehidupan, binatang mitologis Garuda (juga merupakan simbol nasional ditemukan di Panca SilaGaruda Carvingsymbol), semua memiliki arti khusus dalam tradisi Indonesia, mitos dan kepercayaan. Menjelajahi asal-usul desain ini dan apa yang mereka maksud adalah menarik.
Perang antara baik dan jahat, cerita kuno cinta dan perang, alam dan langit - semua memiliki arti khusus untuk orang Indonesia di seluruh nusantara. Dewa, setan dan ksatria berlimpah dalam ukiran Bali dan di daerah-daerah lain di mana pengaruh Hindu didominasi di beberapa titik dalam sejarah. Tanaman, hewan (mitologis dan real) dan bentuk-bentuk geometris yang juga banyak digunakan dan mewakili makna khusus dalam bentuk seni tertentu.
Motif yang diambil dari alam - daun, bunga, gunung, air, awan, hewan sering mewakili simbol-simbol agama atau mistik yang berkaitan dengan bentuk-bentuk awal dari animisme, kemudian ke Hindu. larangan Islam terhadap menampilkan sosok manusia atau makhluk hidup lainnya mengalami stagnasi perkembangan berbagai bentuk seni di daerah di mana Islam kuat.
motif-motif tertentu yang disukai dan bahkan dibatasi untuk keluarga kerajaan, khususnya dalam desain batik untuk Surakarta dan Yogyakarta keluarga kerajaan (salah satunya disebut keris yang patah). Simbol-simbol ini digambarkan sederhana, designobjects Parang Batik alami yang penting bagi kehidupan orang Jawa, seperti daun kelapa aren atau buah dari pohon kapuk. warna tradisional biru navy, cream, coklat dan hitam yang digunakan dalam batik memiliki cara tertentu untuk segudang warna menggunakan pewarna diimpor modern.
Kerajinan dan benda-benda seni mulai dari setiap hari barang yang unik untuk Indonesia, satu-of-a-kind kolektor item, dengan jangkauan yang sangat luas di antaranya. Apa yang Anda akan membeli dan / atau mengumpulkan tentu saja tergantung pada apa yang Anda suka. Untuk memperkenalkan Anda sebentar ke berbagai item yang tersedia kita telah membahas beberapa yang lebih populer di bawah ini:
Tekstil
Keragaman dalam bentuk tekstil Indonesia adalah menakjubkan dan belum representasi lain Contoh budaya yang kaya dari Batikheritage. tekstil Indonesia termasuk digambar tangan dan cap batik, desain yang mengambil bulan untuk membuat; ganda menenun ikat dari pulau-pulau Nusa Tenggara, kain kapal dari Lampung, sutra Bugis sarung dari Sulawesi, kain prada Bali emas dicat; berkilauan kain songket dari Palembang memanfaatkan perak dan logam emas benang pakan kapas tenun atau sutera ikat; dan Tapis tenunan dari Lampung.
Tenunan dari 27 provinsi memanfaatkan berbagai bahan, metode, warna dan desain. Terutama dibentuk di belakang alat tenun, minggu atau bulan dihabiskan menciptakan desain rumit untuk penggunaan sehari-hari atau memakai seremonial. tenunan ini terutama dikenal dengan teknik yang berbeda yang digunakan untuk membuat desain khas.
Simbolisme berbagai kelompok etnis jelas dalam berbagai tekstil. Warna, bentuk dan pengaturan mereka semua memiliki arti khusus. desain tertentu hanya dapat dipakai oleh perempuan atau laki-laki, atau hanya oleh Ikat Textilemembers dari keluarga kerajaan atau bangsawan.
tekstil khusus dipakai atau ditukar dalam siklus hidup atau hak upacara bagian merayakan kelahiran, khitanan, pubertas, pernikahan, melahirkan anak dan kematian. Tekstil memainkan peran penting dalam banyak acara tradisional dan upacara.
catatan tertulis dating ke dokumen abad keempat belas pentingnya tekstil dalam kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat Indonesia. Pakaian tradisional yang sangat khas, atau adat pakaian, terbaik menunjukkan keragaman penggunaan tekstil di seluruh nusantara. Gaun pengantin bahkan lebih rumit menampilkan yang terbaik dari tekstil dan perhiasan hias tradisi masing-masing provinsi.
Wayang - Boneka
Boneka telah digunakan selama berabad-abad di Indonesia untuk menceritakan kisah-kisah epos kuno, Ramayana dan Wayng KulitMahabarata, serta mitos-mitos kuno. cerita modern juga memanfaatkan bentuk seni kuno ini untuk pemirsa kontemporer.
Boneka jatuh ke dalam dua kelompok utama - wayang kulit - kulit atau wayang kulit dari Jawa Tengah, dan wayang golek - boneka kayu dari Jawa Barat. Ada beberapa jenis wayang kayu. Beberapa ekspatriat menikmati mengumpulkan karakter yang sama oleh berbagai seniman, atau semua karakter dalam sebuah adegan atau cerita, atau hanya karakter yang menyerang mewah mereka. orang baik, orang jahat, dewa, setan, bangsawan, raksasa, badut, pangeran dan putri dan monyet ... semua dapat ditemukan dalam bentuk wayang tradisional.
Kurang sering terlihat adalah Wayang Klitik, boneka kayu datar. Link ke situs dengan informasi tentang wayang
Mainan tradisional dan Game
The congklak, atau papan dakon permainan dibawa ke Indonesia oleh para pedagang India atau Arab abad yang lalu. Membuat Congklak Boardfrom plastik atau kayu, atau sangat diukir oleh seniman pengadilan, game ini telah dimainkan di Indonesia selama berabad-abad. Contoh papan congklak awal dapat ditemukan di Museum Nasional.
mainan tradisional dapat ditemukan di seluruh nusantara dan forays ke provinsi niscaya akan muncul banyak mainan sederhana yang dibuat oleh penduduk desa untuk anak-anak mereka. Ini dapat dibeli di Pasar lokal, berdiri di pinggir jalan atau dekat tujuan wisata populer.
Keramik
Keramik membuat jalan mereka ke Indonesia selama berabad-abad dari perdagangan dengan Cina dating kembali ke 205 SM. item keramik berkisar dari kapal sehari-hari biasa dan piring, potong keramik halus yang menjadi pusaka diturunkan Vasegeneration keramik fromBlue ke generasi.
reproduksi modern barang-barang antik ini berlimpah ... jadi meluangkan waktu untuk mempelajari perbedaan antara antik asli dan reproduksi modern. Keramik Museum di Jakarta, kelompok belajar keramik di Heritage Society Indonesia dan kekayaan buku tentang Keramik akan membantu memperkenalkan Anda ke bentuk seni kuno ini menarik.
Lebih terjangkau, namun hanya sebagai indah adalah perhiasan yang terbuat dari pecahan keramik antik ditemukan di kota-kota pelabuhan di seluruh nusantara. Sementara sebelumnya piring ini rusak menjabat sebagai pemberat di kapal dari Cina, pengrajin modern ternyata potongan-potongan keramik yang rusak menjadi perhiasan yang indah dan barang-barang berguna lainnya.
desain keramik kontemporer dapat ditemukan dalam berbagai barang rumah tangga yang berguna. Gerabah Lombok khususnya populer dengan ekspatriat. The rumit tembikar terra-cotta dibuat di desa Kasongan di dekat Yogyakarta juga merupakan favorit banyak.
serat alami dan bahan
Berbagai macam barang, baik berguna dan dekoratif yang terbuat dari serat alami seperti pandan, rotan, bambu dan rumput. sendok nasi, mangkuk, wadah, anyaman tikar, keranjang, kap lampu, kotak, produk kertas alam dan banyak item lainnya yang terbuat dari serat alami di Indonesia.
Bambu, sementara eksotis di barat, adalah salah satu tanaman alami yang paling praktis. Penggunaan bambu di Indonesia Serat Alam Productsnumerous dan Indonesia memanfaatkan bambu secara ekstensif untuk berbagai item termasuk keranjang, winnows, cangkir, ember, mebel dan anyaman dinding di rumah-rumah tradisional. Helai baik digunakan untuk para penggemar, dompet, tas, topi, keranjang dan barang-barang lainnya. Lebih besar, strip tebal digunakan untuk keranjang bunga, dinding dan barang-barang lainnya. Sementara bambu awalnya digunakan untuk barang-barang praktis di sekitar rumah, ini telah dikembangkan lebih lanjut menjadi barang baru yang menjual serta souvenir.
Tulang, karet, tempurung kelapa, serat, tanduk dan bahan alami lainnya yang digunakan di banyak kerajinan rakyat dari pipa pukulan, patung-patung, tas, barang penyimpanan, dicat payung, dan bahkan kapal yang seluruhnya terbuat dari cengkeh.
kerang
Kerang yang digunakan oleh seniman Indonesia untuk menciptakan berbagai macam barang yang berguna, lonceng angin dan perhiasan. Perairan sekitar lebih dari 17.000 pulau di kepulauan Indonesia telah memberikan sebagainya kelimpahan kemegahan air. kerang eksotis dapat dibeli untuk sejumlah kecil uang. Namun, berhati-hati dalam pembelian Anda karena banyak spesies yang over-dipanen dan kepunahan mereka hanya soal waktu. Secara khusus, hindari membeli Nautilus dan kerang raksasa, spesies yang dilindungi yang sudah terancam punah.
Perhiasan
Salah satu bentuk seni terkaya di Indonesia mencerminkan keinginan wanita Indonesia untuk ornamen pakaian tradisional nya, yang tidak akan lengkap tanpa berbagai item perhiasan tradisional. Ornamentasi digunakan dengan pakaian tradisional kaya simbolisme dan desain. Dari desain modern di 22 karat emas, perhiasan kerawang perak rumit dari Yogyakarta, menggunakan batu mulia dan semi mulia, atau plastik modern, kayu atau keramik ... ada banyak desain, bahan dan harga berkisar untuk memilih dari. Banyak ekspatriat memanjakan cinta mereka dari jenis tertentu perhiasan ... membeli opal atau perhiasan perak sampai mereka telah membangun koleksi cukup mengesankan.
perhiasan antik (baik otentik dan reproduksi) adalah favorit ekspatriat. manik-manik perdagangan antik, atau reproduksi mereka, sangat populer.
Mabe mutiara adalah favorit dengan ekspatriat di Jakarta. Anda dapat membeli mutiara longgar dan telah mereka diatur dalam emas Anda sendiri atau desain perak di toko perhiasan favorit Anda. peternakan mutiara panen dalam jumlah besar mabe dan air tawar mutiara di Lampung, Maluku dan Sulawesi.
Sebuah perjalanan ke pasar permata dari Jakarta atau Kalimantan adalah petualangan yang menyenangkan dan memberikan pengenalan berbagai batu permata yang tersedia di Indonesia. Ini termasuk berlian, mutiara Laut Selatan, opal, safir, amethyst dan agates banded. Berhati-hatilah bahwa banyak batu sebenarnya diproduksi ... apa yang disebut masakan di Indonesia. Isi karat emas sering dapat disalahpahami dan batu permata bisa menjadi palsu. Tergantung pada perhiasan dipercaya atau berbelanja dengan teman-teman berpengetahuan.
Furnitur antik
Indah kolonial Belanda dan mebel antik lainnya dari abad ke-18 dan ke-19 populer dengan ekspatriat, kayu berukir goyang chairincluding tidur opium Bali, unit penyimpanan beras, lemari tua, Jawa diukir panel dinding, pintu dan meja yang unik. Potongan-potongan ini mungkin perlu restorasi atau mungkin sudah menjadi refinished atau direkondisi oleh toko-toko.
Banyak toko melayani cinta ekspatriat barang antik dan menjual barang-barang antik otentik atau reproduksi. Banyak tersedia juga adalah desain baru mebel, memanfaatkan kayu tua. Keuntungan dari kayu tua adalah bahwa hal itu cenderung untuk membagi ketika Anda membawanya kembali ke iklim yang kering, seperti kayu telah berpengalaman selama puluhan tahun. Banyak 'antik' furnitur yang tersedia sebenarnya perabotan baru yang sudah ditinggalkan di bawah sinar matahari dan hujan selama berbulan-bulan untuk. usia. perabotan. Hati-hati untuk membeli dari dealer dapat dipercaya jika Anda ingin memastikan Anda mendapatkan barang-barang antik otentik.
ukiran kayu
3 D Wooden CarvingWooden ukiran tradisi dan keterampilan dapat ditemukan di seluruh kepulauan Indonesia, dengan yang paling terkenal adalah dari Bali, Jawa Tengah, Madura, Sumatera dan Papua. daerah yang berbeda mengembangkan tradisi yang sangat berbeda sehingga banyak item yang segera diidentifikasi sebagai yang diciptakan oleh kelompok-kelompok etnis tertentu. Paling populer dengan ekspatriat yang ukiran Jawa dan Bali kayu gambar, Jepara relief tiga dimensi kisi-seperti dan ukiran primitif Irian.
Bahkan di antara ukiran kayu dari provinsi tertentu, perbedaan dalam desain, gaya dan materi pelajaran yang mudah dibuktikan setelah beberapa studi. suku Irian seperti Asmat, Dani, dan Komoro memiliki gaya yang sangat khas dari ukiran totem kutub, senjata, tokoh dan peralatan.
Aneh, berwarna cerah ukiran modern yang diproduksi terutama di Bali. Dan popularitas buah ini memiliki ukiran kayu modern dari Baliinfluenced tradisi ukiran kayu dari daerah lain juga.
Digunakan pada zaman prasejarah di penguburan, penggunaan masker semangat kuno memiliki cara tertentu untuk masker yang digunakan di banyak tarian tradisional. Masker sangat bergaya, topeng, menggambarkan berbagai karakter dalam kisah yang diceritakan oleh tarian. Masker memungkinkan para pemain untuk menganggap identitas baru dan menggambarkan berbagai karakter dari iblis untuk hewan, pangeran atau dewa-dewa. Di antara masker yang paling terkenal digunakan dalam tarian ini adalah Rangda dan Barong topeng dari Bali. Dalam tarian tradisional ini, dilakukan sering bagi wisatawan, interaksi Rangda, yang mewakili kejahatan, dan Barong, yang mewakili baik, mengembalikan keharmonisan antara baik dan jahat dalam hidup.
Sementara masker untuk dijual di toko-toko terutama dari Jawa Tengah dan Bali, masker dari kelompok etnis lain yang digunakan secara luas di masa lalu untuk berkomunikasi dengan nenek moyang, berkat untuk panen, perlindungan dari roh-roh jahat, untuk memperoleh kepribadian baru atau kekuatan besar.
Kayu MaskFragrant cendana dari Nusa Tenggara tersedia dalam ukiran, obat-obatan, dupa, kosmetik, tasbih dan barang-barang berguna seperti pena dan fans. Hal ini biasanya disimpan dalam lemari kaca khusus di toko-toko dan berjalan-jalan melewati kabinet akan cepat memperkenalkan Anda dengan aroma eksotis kayu khusus ini.
Woods digunakan dalam ukiran termasuk ebony, jati, mahoni, kayu ulin, kayu cendana dan kayu adat lainnya kurang dikenal. Harga mungkin sering berhubungan dengan jenis kayu yang digunakan, seperti hutan sulit lebih sulit untuk mengukir. Karena banyak yang prihatin dengan penebangan hutan kayu keras tropis, banyak item kayu terbuat dari pohon jati yang dibudidayakan di perkebunan. Carilah label yang ditunjuk item sebagai memanfaatkan jati dari hutan tanaman.
batu ukiran
batuan vulkanik yang diukir untuk membuat patung-patung yang menggambarkan karakter dari mitos kuno Indonesia dan epos. Batu ini Carvingare terutama ditemukan di Yogyakarta dan Bali di mana batu ukiran tradisi tanggal kembali lebih dari 900 tahun dan sangat berkembang selama pembangunan candi utama di daerah-daerah.
Bangka Tin
item timah yang dibuat dengan timah dari pulau Bangka. Favorit dengan ekspatriat adalah malaikat dalam berbagai ukuran, lilin, bingkai foto, dan hiasan pohon Natal. Ukiran item timah Bangka sering disajikan oleh berbagai kelompok expat anggota mereka dalam pengakuan berbagai prestasi.
Toko yang mengkhususkan diri di Bangka item timah dapat ditemukan di Jakarta di Jl. Paletahan. Toko-toko ini menawarkan diskon yang signifikan. Menampilkan item timah Bangka juga dapat ditemukan dalam seni utama dan kerajinan pusat di Jakarta dan di daerah tujuan wisata populer lainnya.
lukisan
Bali PaintingPainting sebagai bentuk seni benar-benar dikembangkan pada abad ke-19 dan ke-20 dan termasuk lukisan batik, lukisan sangat bergaya Bali yang menggambarkan kehidupan desa dan tradisional serta minyak modern dan akrilik. pelukis Indonesia terkenal seperti Raden Saleh, perintah harga tinggi di pasar internasional dan di lelang di Singapura dan Jakarta.
Alat-alat musik
Seiring dengan bentuk seni lainnya yang dikembangkan dalam keragaman besar di seluruh nusantara, keragaman budaya juga mengarah pada pengembangan dari tradisi musik yang berbeda, sehingga instrumen yang berbeda. Angklung dari Jawa Barat, Gamelan dari Yogyakarta atau Bali, seruling dan gong dari Jawa Barat adalah koleksi favorit ekspatriat. Link gamelan dan kelompok Expat Komunitas di Jakarta dimana Anda bisa belajar gamelan
Kaligrafi
Sementara bentuk seni non-Islam berlimpah karena Buddha tradisi kaya / Hindu dating kembali selama berabad-abad, kaligrafi Islam telah berkembang dalam berbagai bentuk seni juga. Ini termasuk bordir, ukiran kayu, keramik, lukisan, dan emas bordir kain Tapis indah Lampung.
senjata
Keris kuno adalah favorit ekspatriat, serta pipa pukulan tulang dari Kalimantan, pedang dan belati. BowsKeris daggerand panah dan tombak dari Papua juga populer.
perangko tembaga Batik
Digunakan dalam produksi cap batik, prangko tembaga ini dikumpulkan oleh ekspatriat. desain khusus dapat dibuat di Man Cap di Jakarta di mana topi yang bekerja ke laci dan mebel serta susans malas, tatakan gelas atau trivets.
Apapun selera Anda dan kesenangan, Anda akan segera menikmati eksplorasi dari berbagai bentuk seni Indonesia dan menikmati mengumpulkan beberapa untuk diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar